اَلاَ اِنَّ نَصْرُاللهِ قَرِيْبٌ

اَلَّلَهُمَّ انْتَصِرْ لَناَ اِنْتِصَارَكَ لِأحْبَابِكَ عَلَى اَعْدَائِكَ

Rabu, 20 Juli 2016

BELAJAR BACA TULIS HURUF AL QURAN (1)



A. PENDAHULUAN

Umat Islam secara umum mempunyai dua cara dalam melestarikan bacaan Al Quran yaitu metode lisan dan metode tulisan. Metode lisan adalah metode yang pertama kali dipakai Rasulullah SAW karena beliau adalah rasul yang umiy (امي), tidak tahu baca dan tulis. Ayat yang turun dibacakan secara lisan kepada para sahabat yang kemudian dihafalkan dan ditulis oleh para sahabat. Metode tulisan dalam satu mushhaf (مصحف) karena banyaknya sahabat penghafal Al Quran yang syahid dalam peperangan atau sengaja dibunuh oleh musuh-musuh Islam pada masa itu dan untuk memudahkan jalan dakwah kepada orang-orang ajam (عجم) yaitu yang bahasanya non-arab.

Setelah Al Quran turun lengkap, Rasulullah SAW membacakan kepada para sahabat urutan surat dan ayatnya sebagaimana yang ada dalam mushhaf Al Quran saat ini (Mushhaf Utsmani). Ada orang kafir yang selalu menyebarkan propaganda bahwa ada pengurangan dan penambahan dalam penulisan ayat-ayat Al Quran pada masa itu, namun secara logika dan fakta itu tidaklah mungkin. Secara logika, pada masa itu Al Quran sudah dihafalkan oleh ribuan kaum muslimin yang sudah tersebar dalam wilayah yang luas apabila ada kesalahan dalam penulisan pasti akan diketahui. Secara fakta, tidak ada sejarah yang membuktikan adanya pembunuhan massal terhadap penghafal Al Quran oleh khalifah/penguasa sehingga khalifah menulis mushhaf Al Quran sekehendak hatinya.

Al Quran adalah mukjizat terbesar sepanjang zaman, walaupun orang kafir menolaknya tanpa menggunakan akal pikirnya pendapat mereka didasarkan pada hawa nafsunya bahkan mereka berpendapat bahwa Muhammad SAW tidak mempunyai mukjizat yang hebat sebagaimana nabi sebelumnya. Mereka belum atau bahkan tidak berpikir tentang Al Quran. Bacaan Al Quran masih otentik sejak diturunkan sampai akhir zaman. Al Quran mudah dihafalkan walaupun oleh orang non-arab secara mendetail sampai titik-komanya berbeda dengan kitab suci agama lain. Adapula orang yang tidak tahu baca tulis namun mereka hafal Al Quran.

Demikian beberapa ulasan kami apabila ada kekurangan atau kesalahan kami mohon maaf. Berikut ini kami sajikan beberapa tabel cara memahami huruf hijaiyyah bagi pemula terutama bagi anak-anak kami.


B. HURUF HIJAIYYAH


























C. HAROKAT/SYAKAL/TANDA BACA


















bersambung..........Bagian 2

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com template blogger cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com resep bolu kukus